Harahap, Ade Novita Sari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111010_Cover.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4193111010_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4193111010_Abstrak.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4193111010_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4193111010_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4193111010_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4193111010_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4193111010_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4193111010_BAB_I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
4193111010_BAB_V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4193111010_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang bersifat valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu kepada model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PMIA 4 SMA Negeri 4 Pematangsiantar yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan dalam kategori valid dengan rata rata penilaian ahli sebesar 3,79; (2) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan telah memenuhi kategori praktis ditinjau dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,4%, rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran 3,71 serta persentase angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul sebesar 86,4%; (3) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan memenuhi kategori efektif ditinjau dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh skor nilai N-gain sebesar 0,71, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakannya e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Har p |
Keywords: | e-Modul; Trigonometri; Problem Based Learning; Flip Pdf; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:00 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54915 |