PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA

Harahap, Ade Novita Sari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111010_Cover.pdf]
Preview
Text
4193111010_Cover.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4193111010_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Abstrak.pdf]
Preview
Text
4193111010_Abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
4193111010_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
4193111010_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
4193111010_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
4193111010_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
4193111010_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_BAB_I.pdf]
Preview
Text
4193111010_BAB_I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_BAB_V.pdf]
Preview
Text
4193111010_BAB_V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4193111010_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
4193111010_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang bersifat valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu kepada model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PMIA 4 SMA Negeri 4 Pematangsiantar yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan dalam kategori valid dengan rata rata penilaian ahli sebesar 3,79; (2) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan telah memenuhi kategori praktis ditinjau dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98,4%, rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran 3,71 serta persentase angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul sebesar 86,4%; (3) e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf yang dikembangkan memenuhi kategori efektif ditinjau dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh skor nilai N-gain sebesar 0,71, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah digunakannya e-modul trigonometri berbasis problem based learning berbantuan aplikasi flip pdf dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.33 Har p
Keywords: e-Modul; Trigonometri; Problem Based Learning; Flip Pdf; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:00
Last Modified: 19 Mar 2024 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54915

Actions (login required)

View Item
View Item