Dhani, Fadil Rahmat (2023) Pegembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Metabolisme Sel Di Kelas XII SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, Univesitas Negeri Medan.
1. 4183341012 COVER.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
2. 4183341012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. 4183341012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. 4183341012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
5. 4183341012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
6. 4183341012 TABLES.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
7. 4183341012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
8. 4183341012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
9. 4183341012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. 4183341012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
14. 4183341012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Materi metabolisme sel merupakan salah satu materi tersulit di kelas XII.
Materi metabolisme bersifat abstrak sehingga siswa sulit untuk membayangkan materi
metabolisme sel pada saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis lectora inspire yang
layak digunakan dan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D)
menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari
angket kelayakan materi, angket kelayakan media, angket kelayakan pembelajaran, soal
pretest dan posttest, respon peserta didik, dan respon guru. Hasil penelitian memperoleh
data kelayakan materi mendapatkan rata-rata 86,11% dengan kategori sangat layak,
kelayakan media mendapatkan rata-rata 95,15% dengan kategori sangat layak, kelayakan
pembelajaran mendapatkan rata-rata 95% dengan kategori sangat layak, hasil pretest dan
posttest siswa mengalami peningkatan dengan mendapatkan skor n-gain 0,546 dengan
kategori sedang, hasil respon peserta didik mendapatkan persentase rata-rata 83,60%
dengan kategori sangat baik, dan hasil respon guru mendapatkan persentase rata-rata
92,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran
lectora inspire pada materi metabolisme sel ini sangat layak dan efektif digunakan
sebagai media pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Efektifitas |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:29 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54856 |