PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X AP SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2014/2015.

Simbolon, Flamenco (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X AP SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7103341035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7103341035 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7103341035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7103341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7103341035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7103341035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7103341035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7103341035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7103341035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7103341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7103341035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7103341035 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7103341035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7103341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7103341035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7103341035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7103341035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7103341035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7103341035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7103341035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7103341035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7103341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learnig cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jl Veteran Pasar IV Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 3 kelas. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik purposive sampling, dimana sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XAP2 sebagai kelas eksperimen dan X AP3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pre-test dan post-test design.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah untuk pretest dan postes adalah hasil belajar dan observasi.Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle (X ̅=67,285 dan SD= 8,07) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional (X ̅=63,142 dan SD= 9,85). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan α=0.05 dengan dk (n1+n2-2), diperoleh thitung =1,992 sedangkan ttabel= 1,668 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu1,992 >1,668. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Pengujian untuk hipotesis yang dilakukan dengan uji t untuk aktivitas belajar siswa pada taraf α =0.05 dengan dk(n1+n2-2) diperoleh thitung =7,023 sedangkan ttabel= 1,668 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu 7,023 > 1,668. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 009
Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 May 2016 02:15
Last Modified: 27 May 2016 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item
View Item