Simbolon, Flamenco (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X AP SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103341035 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7103341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4. NIM. 7103341035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 7103341035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 7103341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 7103341035 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 7103341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7103341035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 7103341035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM. 7103341035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7103341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learnig cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jl Veteran Pasar IV Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 3 kelas. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik purposive sampling, dimana sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XAP2 sebagai kelas eksperimen dan X AP3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pre-test dan post-test design.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah untuk pretest dan postes adalah hasil belajar dan observasi.Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t.
Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle (X ̅=67,285 dan SD= 8,07) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional (X ̅=63,142 dan SD= 9,85). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan α=0.05 dengan dk (n1+n2-2), diperoleh thitung =1,992 sedangkan ttabel= 1,668 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu1,992 >1,668. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Pengujian untuk hipotesis yang dilakukan dengan uji t untuk aktivitas belajar siswa pada taraf α =0.05 dengan dk(n1+n2-2) diperoleh thitung =7,023 sedangkan ttabel= 1,668 yang diperoleh melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel yaitu 7,023 > 1,668. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 02:15 |
Last Modified: | 27 May 2016 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5484 |