Hasibuan, Sarmainah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Fantasi Di SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2183311034 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 2183311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 2183311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 2183311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
5. NIM 2183311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 2183311034 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 2183311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2183311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
12. NIM 2183311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 2183311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran
Sinektik terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi siswa kelas
VII SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Medan pada
kelas VII tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang dingunakan dalam penelitian
ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian one group pre-test post-test.
Populasi dalam penelitian ini yaitu 247 dan sampel sebanyak 32 siswa kelas
eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan mengidentifkasi
unsur-unsur cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa
mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi sebelum menggunakan model
pembelajaran sinektik menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah
25 yang diperoleh dari 32 sampel, yang memiliki nilai rata-rata 46,4 termasuk pada
kategori kurang. Sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran sinektik
menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65, yang memiliki
nilai rata-rata 78,75 termasuk pada kategori baik. Sebelum dilakukan pengujian data
terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji homogenitas, uji
normalitas dan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data
berdistribusi normal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik
berpengaruh pada kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi kelas
VII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Sinektik, Cerita Fantasi, Unsur-unsur Cerita Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:10 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 06:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54828 |