PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SIMANJUNTAK, CHRISTIN NATALIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193141001_Cover.pdf]
Preview
Text
7193141001_Cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
7193141001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
7193141001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Abstrak.pdf]
Preview
Text
7193141001_Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
7193141001_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
7193141001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
7193141001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
7193141001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_BAB_I.pdf]
Preview
Text
7193141001_BAB_I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_BAB_V.pdf]
Preview
Text
7193141001_BAB_V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 7193141001_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
7193141001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tinggi rendahnya partisipasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) kelas yaitu XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3 yang berjumlah 108 siswa dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XII IPS 2 dan XII IPS 3 dengan jumlah 72 siswa. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi,sementara teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan partisipasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata partisipasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan nilai rata-rata 2,77 tergolong kategori tinggi dan untuk model pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata 1,80 yang tergolong kategori sedang. Dari pengujian hipotesis diperoleh diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan partisipasi belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Partisipasi Belajar Siswa, Model Teams Games Tournament.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:00
Last Modified: 04 May 2024 17:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54808

Actions (login required)

View Item
View Item