SIMANJUNTAK, CHRISTIN NATALIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141001_Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7193141001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
7193141001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7193141001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7193141001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7193141001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7193141001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7193141001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7193141001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7193141001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7193141001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tinggi rendahnya partisipasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) kelas yaitu XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3 yang berjumlah 108 siswa dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XII IPS 2 dan XII IPS 3 dengan jumlah 72 siswa. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi,sementara teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan partisipasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata partisipasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan nilai rata-rata 2,77 tergolong kategori tinggi dan untuk model pembelajaran Konvensional dengan nilai rata-rata 1,80 yang tergolong kategori sedang. Dari pengujian hipotesis diperoleh diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan partisipasi belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Partisipasi Belajar Siswa, Model Teams Games Tournament. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:00 |
Last Modified: | 04 May 2024 17:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54808 |