ADILLA, NADA (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192142001_Cover.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7192142001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
7192142001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7192142001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7192142001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7192142001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7192142001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7192142001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7192142001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
7192142001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7192142001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di Swasta Jambi Medan yang berjumlah 103 siswa dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 1,887 + 0,488X1 + 0,283X2. Hasil pengujian dari hipotesis pertama secara parsial, terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan nilai nilai thitung > ttabel (10,393 > 1,983) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian dari hipotesis kedua secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar dengan nilai thitung > ttabel (3,766 > 1,983) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dan dari hasil pengujian dari hipotesis ketiga secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (130,210 > 3,087) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,717 atau 71,7 % dan sisanya sisanya 28,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial, motivasi belajar dan efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 20:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 20:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54784 |