HARDIANTI, ANNISA TRI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKL DI SMKS BUDISATRYA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142002_Cover.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7193142002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7193142002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
7193142002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
7193142002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7193142002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7193142002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7193142002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7193142002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7193142002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
7193142002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi mengelola kartu
utang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan
dan hasil belajar siswa kelas XI yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini
dilaksanakan di SMKS Budisatrya Medan pada semester ganjil tahun ajaran
2023/2024. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran Drill and Practice.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi
untuk keaktifan belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis
data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data
kuantitatif diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Dari observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh bahwa
terdapat 3 siswa (20%) yang masuk dalam kategori aktif dan 6 siswa (40%)
masuk dalam kategori sangat aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 6
siswa (40%) sudah masuk dalam kategori sangat aktif dan 6 siswa (40%) masuk
dalam kategori aktif yang tentunya telah memenuhi indikator keberhasilan ≥80%.
Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre
test sebesar 59,60 dengan siswa yang tuntas 5 orang (33,33%). Pada post test siklus I diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 78,06 dengan siswa yang tuntas 11 orang (73,33%). Kemudian pada post test siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata sebesar 88,06 dengan siswa yang tuntas 15 orang (100%) yang mengartikan bahwa hasil perolehan telah memenuhi indikator keberhasilan 80%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill and Practice dapat untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI di SMKS Budisatrya Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan belajar, hasil belajar siswa, Drill and Practice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 11:58 |
Last Modified: | 01 May 2024 11:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54781 |