Pasaribu, Dian Natalia (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Kearifan Lokal “Dalihan Natolu” Pada Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Pada Kelas VI Di SDN 156485 Gabungan Hasang 2 Kec. Barus T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183311072 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM 1183311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1183311072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
4. NIM 1183311072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
5. NIM 1183311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM 1183311072 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM 1183311072 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 1183311072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM 1183311072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM 1183311072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM 1183311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Minimnya ketersediaan bahan ajar yang mendukung pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal Dalihan Natolu setempat dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Dalihan Natolu yang valid, praktis dan efektif dalam menunjang keberhasilan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 156485 Gabungan Hasang 2 dan objek penelitian ini adalah Bahan Ajar E-Modul berbasis Dalihan Natolu. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh Ahli Materi tahap I sebelum revisi memperoleh persentase 72% kategori “Layak dengan Revisi” kemudian pada tahap II memperoleh persentase 98% kategori “Sangat Layak tanpa Revisi” dan hasil validasi desain memperoleh hasil persentase 90,66% kategori “Sangat Layak Tanpa Revisi”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 94,54% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 91,83% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pre-test memperoleh rata-rata 60 dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” sedangkan pada post-test memperoleh rata-rata 86,33 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan sangat layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-029 |
Keywords: | Pengembangan;E-Modul;Dalihan Natolu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:19 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54777 |