Putri, Delfiana Permata (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa Menurut Teori Newman Dalam menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Bilangan Bulat Di Kelas VI SDN 060848 Medan Petisah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111038 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 1182111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 1182111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 1182111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 1182111038 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13. NIM. 1182111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 1182111038 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM. 1182111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 1182111038 PICTURES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM. 1182111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM. 1182111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan Teori Newman,
(2) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan Teori Newman. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang
berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes wawancara yang tidak terstruktur. Instrument penelitian meliputi soal tes uraian sebanyak 5 butir soal.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VISDN
060848 Medan Petisah . Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita
matematika pada materi bilangan bulat yaitu: kesalahan membaca sebanyak 17% ,
kesalahan memahami masalah sebanyak 58%, kesalahan transformasi sebanyak 36% , kesalahan keterampilan proses sebanyak 45%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 79%. Adapaun factor penyebab yang dilakukan siswa
meliputi tidak teliti dan tergesa-gesa pada saat membaca soal, tidak memahami soal yang ada, tidak mengetahui langkah dalam penyelesaian soal, asal-asalan dalam
menuliskan jawaban, dan tidak terbiasa menuliskan jawaban akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-023 |
Keywords: | Analisis Kesalahan;Teori Newman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:09 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54773 |