BR SIMBOLON, YESI GOK MARIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444007_Cover.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
7192444007_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7192444007_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
7192444007_Abstrak.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
7192444007_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
7192444007_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
7192444007_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7192444007_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7192444007_BAB_I.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
7192444007_BAB_V.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
7192444007_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 6 Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas X pada mata pelajaran kearsipan SMK Negeri 6 Medan dengan sebanyak 142 orang. Teknik penarikan sampel yaitu proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan nilai presisi 10% sehingga di per oleh sampel berjumlah 112 orang. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linear berganda, untuk menjawab kebenaran hipotesis dipakai Uji – t, Uji – F, Uji – R2, dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20. Melalui hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 16,568 + 0,616X1 + 0,306X2. Selanjutnya hasil penelitian menjelaskan hasil uji parsial (uji – t) model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu nilai thitung 4,145 dan ttabel 1.998 dengan taraf signifikansi 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,156 > 1,658) pada taraf signifikansi 0,033 < 0,05. Secara simultan (uji – f) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai hasil Fhitung = 47,549 > Ftabel = 3,08 dengan sig 0,000 < 0,05. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) 0,466 dapat disimpulkan sumbangan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yakni 46,6% sedangkan sisanya yakni 53,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Project Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:23 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54757 |