HIKMAH, NURUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MPLB PADA ELEMEN PEMBELAJARAN PROSES BISNIS DI BIDANG MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144014_Cover.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7193144014_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7193144014_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
7193144014_Abstrak.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
7193144014_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
7193144014_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7193144014_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7193144014_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
7193144014_BAB_I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
7193144014_BAB_V.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
7193144014_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini guna dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen, masalah pada penelitian ini yakni minimnya hasil belajar proses bisnis siswa kelas X MPLB pada mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang berlokasi di Jl. Platina Raya No.7 Rengas Pulau Kec. Medan Marelan, dengan jumlah populasi 78 dan jumlah sampel yaitu 26 orang sebanyak 1 kelas. Instrumen yang dipakai guna dapat mengidentifikasi hasil belajar siswa ialah tes berbentuk pilihan berganda sejumlah 25 soal yang setelah di uji validitas menjadi 20 soal, kemudian diuji reliabilitas, tingkat kesukaran juga uji daya beda tes. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan memakai rumus uji t. penelitian ini dibuat hanya di kelas eksperimen dengan penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar.
Dari hasil penelitian eksperimen ini diperoleh rata-rata pre-test yakni 45,77 serta nilai rata-rata post-test yakni 85,19 peningkatan hasil belajar siswa 86,13%. Dan perhitungan hipotesis didapati thitung sebesar 17,215 serta ttabel yaitu 1,676. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung>ttabel (17,215>1,676) maka hasil pengujian hipotesis diterima. Berlandaskan analisis data disimpulkanlah ada pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Dasar-dasar Manajemen Perkantoran di kelas X MPLB 3 SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:29 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54725 |