SARI, NOVITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK (MICROSOFT EXCEL) DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144011_Cover.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
7191144011_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7191144011_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7191144011_Abstrak.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7191144011_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7191144011_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7191144011_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7191144011_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7191144011_BAB_I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
7191144011_BAB_V.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
7191144011_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya capaian pembelajaran siswa di SMK Negeri 1 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan kretivitas siswa terhadap capaian pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan agar siswa dapat lebih kreatif dalam belajar sehingga capaian pembelajaran tercapai dengan maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas Fase E MPLB 1 dan MPLB 2 SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas MPLB 1 dan 2 berjumlah 70 siswa masing-masing 35 siswa, kelas MPLB 2 sebagai kontrol dan MPLB 1 sebagai kelas Eksprimen. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes capaian pembelajaran menggunakan aplikasi perangkat lunak (Microsoft Excel). Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksprimen 84, 43 dan nilai rata-rata kelas kontrol 60, 57. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji Persial (Uji t). Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek thitung 4,267 dan ttabel 1,996 Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. Dan Kreativitas Siswa diperoleh thitung 3,583 dan ttabel 1,996. Hal ini bermakna bahwa data yang diperoleh thitung > ttabel dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Siswa, Capaian Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54724 |