LUBIS, MEISITA RIZKI ANGGREINI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444012_Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7192444012_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7192444012_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7192444012_Abstrak.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
7192444012_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7192444012_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7192444012_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7192444012_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7192444012_BAB_I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
7192444012_BAB_V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7192444012_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan media pembelajaran Audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya Hasil Belajar Mengoperasikan
Aplikasi Pengolah Angka siswa kelas X MPLB pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan dengan populasi 142 siswa dan sampel yang diambil yaitu sebanyak 36 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reliabilitasnya, tingkat kesukaran, dan uji daya beda test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t”. Penelitian ini dilakukan hanya pada kelas eksperimen dengan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
dengan Media Pembelajaran Audiovisual.
Dari hasil penelitian eksperimen ini diperoleh rata-rata pre-test yaitu 48.89 dan nilai rata- rata post-test yaitu 80.14. Dan perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 17.834 dan ttabel sebesar 1.68830. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel (17.834 > 1.68830) maka hasil pengujian hipotesis tersebut diterima. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis
diterima bahwa ada pengaruh positif dan signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Aplikasi Pengolah Angka Di SMK Negeri 1 Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning, Media Pembelajaran Audiovisual. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:01 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54719 |