WIRYA, MAHGFIRAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN MEDIA VIDEOTERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI KANTOR ELEMEN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MANAJEMENPERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192144002_Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7192144002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
7192144002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7192144002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7192144002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7192144002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7192144002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7192144002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7192144002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
7192144002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7192144002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki pengaruh signifikan dalam penerapan model project based learning dengan media video terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada capaian pembelajaran Otomatisasi Kantor Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No 1 Medan, pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan populasi 36 siswa pengambilan sampel dengan teknik total sampling di mana semua populasi di jadikan sampel. Jenis penelitian kuantitatif Penelitian jenis Pre Eksperimental ini dilakukan pada satu kelas. Insrumen yang digunakan dalam mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post test). Sebelum diberikan kepada sampel penelitian, maka tes di uji coba terlebih dahulu kepada siswa kelas X MPLB II di SMKN 1 Medan Medan. Hal ini dilakukan untuk mengujji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Kantor kelas X MPLB II SMK Negeri 1 Medan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan yang menunjukkan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan Project Based Learning Thitung Ttabel (24,521>1,688) dan nilai signifikansi yaitu 0,000<0,05 dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa 54,72 setelah perlakuan hasil nilai rata-rata siswa 79,72 hal ini menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran project based learning dengan media Video mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Kantor kelas X MPLB II SMK Negeri 1 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model pembelajaran Project Based Learning, Media Video |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:46 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54717 |