Zannah, Miftaul (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BILAH HILIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181151003 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 4181151003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 4181151003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 4181151003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 4181151003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4181151003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 4181151003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4181151003 LIST OF ABBREVIATIONS AND SYMBOLS.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4181151003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM 4181151003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
15. NIM 4181151003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir. Sampel penelitiian ini adalah peserta didik kela VIII-6 di SMP Negeri 2 Bilah Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media, angket tanggapan guru IPA, dan angket respon peserta didik terhadap e- modul serta instrument tes dengan bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu menggunkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data diperoleh validasi ahli memperoleh rata-rata pada ahli materi sebesar 93,83%, ahli pembelajaran sebesar 93,56%, dan ahli media 83,6% dengan masing- masing persentase dalam kategori sangat layak. Respon peserta didik dengan sampel 28 orang sebesar 97,6% dengan kriteria sangat layak. Untuk penilaian dari guru IPA memperoleh rata-rata sebesar 91,7%. E-modul yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari skor N-gain peserta didik yaitu 0,71 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:33 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54714 |