Napitupulu, Shofia Rija (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER II BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
8126142018 Judul.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8126142018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
8126142018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8126142018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
8126142018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
8126142018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
8126142018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8126142018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
8126142018 Bab I.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8126142018 Bab V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8126142018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester II berdasarkan kurikulum 2013 untuk menumbuhkembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk menilai kualitas buku ajar yang dihasilkan dengan sampel guru-guru kimia SMA/MA dan penelitian eksperimen dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 1 Lubuk Pakam, SMAN 2 Lubuk Pakam, SMA Nusantara Lubuk Pakam, dan MAN Lubuk Pakam dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan buku ajar kimia yang dikembangkan dan kelas kontrol menggunakan buku ajar kimia kurikulum KTSP. Data dianalisis menggunakan SPSS 19 dengan taraf signifikan 0,05. Kualitas buku ajar kimia yang dikembangkan memiliki nilai efektivitas 84,37 sedangkan buku kurikulum KTSP 74,41. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan karakter siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Problem Based Learning. Nilai gain hasil belajar siswa kelas eksperimen 0,59 sedangkan kelas kontrol 0,38. Penilaian efektivitas buku dalam menumbuhkembangkan karakter komunikatif pada kelas eksperimen 78,08 sedangkan kelas kontrol 74,26, karakter kreativitas pada kelas eksperimen 78,28 sedangkan kelas kontrol 75,1, dan karakter tanggung jawab pada kelas eksperimen 79,51 sedangkan kelas kontrol 75,30. Efektivitas hasil belajar pada aspek psikomotorik kelas eksperimen 77,03 sedangkan kelas kontrol 72,45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar, menumbuhkembangkan karakter, dan meningkatkan aspek psikomotorik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Nap p |
Keywords: | Buku ajar; Kurikulum; Pendidikan karakter; Kreativitas; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5471 |