Ginting, Mutiara Emaninta (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOMIK SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351017 COVER.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
2. 4183351017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
3. 4183351017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
4. 4183351017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
5. 4183351017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
6. 4183351017 TABLES.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
7. 4183351017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
8. 4183351017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
9. 4183351017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
13. 4183351017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
14. 4183351017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan apakah ada pengaruh penerapan Model Problem Based Learning dalam Komik sains pada materi Pencemaran Lingkungan terhadap minat baca dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen
menggunakan Class Random Sampling dengan subjek siswa kelas VII SMP N 2 PERCUT SEI TUAN, yang dibedakan atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan mengunakan dengan butir angket dan instrumen berupa
butir soal kemudian dideskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil Pretest pada kelas eksperimen (28,27 ± 9,28) dan kelas kontrol (32,58 ± 8,41) adalah sama,
sedangkan hasil postest pada kelas eksperimen (74,14 ± 8,87) lebih tinggi dan berbeda secara signifikan bila dibandingkan dengan kelas kontrol (49,83 ± 14,30). Rata-rata minat baca kelas eksperimen adalah 3,61609 yang mengindikasikan bahwa
siswa kelas eksperimen memiliki respon yang positif (minat baca yang baik), sedangkan kelas kontrol memiliki respon yang negatif yang dapat diartikan bahwa minat baca siswa masih rendah (rata-rata minat baca = 2,98851). Dari pengolahan data hasil belajar dan data angket, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL dengan media komik sains dapat meningkatkan hasil belajar dan minat baca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model PBL; media komik sains; minat baca; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:09 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54708 |