KHALIK, ILHAM (2023) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444004_Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7192444004_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7192444004_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7192444004_Abstrak.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7192444004_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7192444004_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7192444004_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7192444004_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7192444004_BAB_I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
7192444004_BAB_V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7192444004_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Hasil Belajar yang diperoleh siswa yang disebabkan oleh kurangnya tingkat Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Medan yaitu berjumlah 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa , jumlah sampel diperoleh mengunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan, persamaan regresi linier berganda Y= 48,109 + 0,219 X1 + 0,223 X2. Analisis data uji-t menyatakan bahwa Kedisiplinan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dilihat dari nilai thitung = 4.774 lebih besar dari ttabel = 2.004 (4.774 > 2.004) dengan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) dan Kepercayaan Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dilihat dari nilai thitung = 4.242 lebih besar dari ttabel = 2.004 (4.242 > 2.004) dan nilai signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05). Analisis data uji F menyatakan Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (34,410 > 3,16) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,556 atau mempunyai kontribusi sebesar 55,6% terhadap Hasil Belajar. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa antara Kedisiplinan Belajar dan Kepercayaan Diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:42 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54686 |