Sipayung, Yudi A (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113141111 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 7113141111 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
4. NIM 7113141111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 7113141111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 7113141111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 7113141111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7113141111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7113141111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7113141111 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM 7113141111 BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 7113141111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 309 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen, dan X-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk dokumentasi dan bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray adalah pretes sebesar 47.14, standar deviasi = 8.07 dan postes sebesar 78.86, standar deviasi = 7.08, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 44.29, standar deviasi= 9.56 dan postes sebesar 68.57, standar deviasi = 8.96. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5.2004 > 2.15 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 EKO 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 09:37 |
Last Modified: | 26 May 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5468 |