Lestari, Ramadhani Fitri (2015) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SELESAI KABUPATEN LANGKAT T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM_7113141083_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2_NIM_7113141083_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
4_NIM_7113141083_ABSRACT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3_NIM_7113141083_PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5_NIM_7113141083_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6_NIM_7113141083_ ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7_NIM_7113141083_TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8_NIM_7113141083_ APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9_NIM_7113141083_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13_NIM_7113141083_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14_NIM_7113141083_ BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa, kurangnya motivasi belajar siswa dan kepribadian guru yang masih terlihat belum dapat menguasai emosinya dalam kegiatan belajar ekonomi a. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepribadian guru dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah 217 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket yang terdiri dari 17 butir untuk variabel kepribadian guru dan 18 butir untuk variabel motivasi belajar dan dokumentasi untuk data Prestasi Belajar. Teknik analisis data dengan deskriptif dan inferensial. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dan uji-F pada taraf signifikan 95 % atau alpha 5%.
Hasil yang diperoleh menunjukkan kepribadian guru berhubungan secara positif dan signifikan dimana t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,450 > 1,683. dan motivasi belajar berhubungan secara positif dan signifikan dimana t hitung > t tabel yaitu sebesar 1,834 > 1,683. Sedangkan pada uji F menunjukkan bahwa variabel kepribadian guru dan motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015. Dimana F hitung > F tabel yaitu sebesar 95,002 > 3,23. Dari perhitungan koefisien determinasi ( R2) diperoleh nilai sebesar 0,830 yang berarti 83,00 % prestasi belajar siswa (Y) berhubungan sangat kuat dengan kepribadian guru dan motivasi belajar ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru dan motivasi belajar berhubungan secara positif dan signifikan dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Selesai Kabupaten Langkat T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 001 |
Keywords: | Kepribadian Guru; Motivasi Belajar;Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 06:42 |
Last Modified: | 26 May 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5467 |