Siburian, Mauli Hot Fernando (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN FAKTOR EKSTERNAL DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS XI IPA SMA N 1 BATANG KUIS T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341038 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM 4173341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM 4173341038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM 4173341038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 4173341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 4173341038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
![[thumbnail of 10. NIM 4173341038 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4173341038 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (800kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4173341038 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4173341038 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (495kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4173341038 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4173341038 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (707kB)
13. NIM 4173341038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM 4173341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
![[thumbnail of 15. NIM 4173341038 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4173341038 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase faktor eksternal terhadap kesulitan belajar pada masa pandemi covid-19 yang dialami siswa dalam mempelajari mata pelajaran biologi, serta mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa di masa pandemi covid-19 di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis, Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 70 siswa. Sementara instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase faktor eksternal kesulitan belajar biologi siswa adalah sebesar 68,93%. Faktor eksternal yang paling tinggi dalam kesulitan belajar siswa adalah terdapat pada faktor Lingkungan Keluarga sebesar 69,45% yang terdiri dari beberapa sub indikator yaitu cara orang tua mendidik (47,14%), relasi antar anggota keluarga (45,71%), keadaan ekonomi keluarga (42,85%), suasana rumah (45,71%), pengertian orang tua (28,57%), dan latar belakang budaya (38,57%). Sedangkan pada faktor Lingkungan Sekolah sebesar 68,55%, dan Lingkungan masyarakat sebesar 69,36%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 059 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Pembelajaran daring; Hasil belajar; Faktor eksternal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 01:20 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54656 |