Afsih, Zahrora (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengubah Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS SMAS Muhammadiyah-8 Kisaran Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183151034 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 1183151034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 1183151034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. NIM 1183151034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
5. NIM 1183151034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM 1183151034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM 1183151034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7. NIM 1183151034 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 1183151034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
8. NIM 1183151034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM 1183151034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap Kepercayaan Diri pada siswa kelas XI IPS di SMAS Muhammadiyah-8 Kisaran Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Pre-
Eksperimen dengan pre test-post test group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IPS. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket Kepercayaan diri yang berjumlah 40 item pertanyaan yang
telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling
kelompok dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap kepercayaan diri siswa. Hasil analisis angket kepercayaan diri siswa terdapat 8 orang subjek atau responden dan diperoleh hasil skor total pre-test
(sebelum diberikan layanan) sebesar 684 dan total post-test (sesudah diberikan layanan) sebesar 1063. Artinya bahwa seluruh subjek atau responden mengalami peningkatan kepercayaan diri sebesar 35,65%. Kemudian untuk skor rata-rata keseluruhan pre-test diperoleh 84,25 dan skor rata-rata post-test sebesar 132.875. Dengan demikian keseluruhan subjek atau responden mengalami rata-rata peningkatan kepercayaan diri sebesar 35,65% Berdasarkan hasil perhitungan
Wilcoxon nilai Jhitung = 36 dengan α = 0.05 dan n = 8 sehingga nilai Jtabel adalah 4. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa Jhitung > Jtabel yang dimana 6 >4. sesuai
dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dari perhitungan ini dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok ekperimen artinya diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh
Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah-8 Kisaran Tahun Ajaran 2022/2023”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling kelompok;Kepercayaan diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54655 |