Siregar, Utami Wahyuni (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4113311048 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2.NIM 4113311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3.NIM 4113311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4.NIM 4113311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5.NIM 4113311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6.NIM 4113311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7.NIM 4113311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8.NIM 4113311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9.NIM 4113311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13.NIM 4113311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14.NIM 4113311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Menentukan tingkat pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel , (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menerapkan pembelajaran realistik dapat meningkat pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Dari 8 kelas dipilih satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 32 siswa.
Prosedur penelitian ini yang pertama adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan pembelajaran matematika realistik dengan materi sistem persamaan linier dua variabel. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu divalidkan dengan arahan validator. Berdasarkan hasil tes awal, diperoleh informasi rata-rata bahwa siswa memiliki tingkat kemampuan memecahkan masalah masih rendah dengan nilai rata-rata kelas 67,81. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 75,94 dengan 22 siswa atau 68,75% dari seluruh siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 84,69 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 30 orang atau 93,75% dari seluruh siswa. Berdasarkan analisis penelitian tersebut, diperoleh gambaran bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 044 |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Pembelajaran Matematika Realistik; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 01:22 |
Last Modified: | 26 May 2016 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5457 |