PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 1 DOLOKSANGGUL

Sihite, Roma Lisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4183341020  COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4183341020 COVER.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4183341020  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4183341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4183341020  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4183341020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4183341020  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4183341020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4183341020  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4183341020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4183341020  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4183341020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4183341020 CHAPTER II.pdf] Text
10. 4183341020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. 4183341020  CHAPTER III.pdf] Text
11. 4183341020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. 4183341020  CHAPTER IV.pdf] Text
12. 4183341020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. 4183341020  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4183341020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4183341020  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4183341020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4183341020 ENCLOSURE.pdf] Text
15. 4183341020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Doloksanggul. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Doloksanggul. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 orang, yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Data rata-rata hasil belajar pretest-posttest yaitu 30 dan 77,5 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 33,33 dan 82,5. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 24 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05 . Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul. Nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,734 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,683 dengan kategori sedang. Hasil analisis data aspek afektif dan psikomotorik pada kelas eksperimen diperoleh nilai persentase 85% dan 90% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 007
Keywords: Sistem saraf; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:40
Last Modified: 13 Oct 2025 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54473

Actions (login required)

View Item
View Item