Sihite, Roma Lisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183341020 COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. 4183341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. 4183341020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 4183341020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 4183341020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
9. 4183341020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. 4183341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. 4183341020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Doloksanggul. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Doloksanggul. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 orang, yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Data rata-rata hasil belajar pretest-posttest yaitu 30 dan 77,5 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 33,33 dan 82,5. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 24 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05 . Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul. Nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,734 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,683 dengan kategori sedang. Hasil analisis data aspek afektif dan psikomotorik pada kelas eksperimen diperoleh nilai persentase 85% dan 90% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 007 |
Keywords: | Sistem saraf; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:40 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54473 |