Sihite, Roma Lisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI SMAN 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183341020 COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. 4183341020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. 4183341020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 4183341020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 4183341020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
9. 4183341020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
![[thumbnail of 10. 4183341020 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. 4183341020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 11. 4183341020 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. 4183341020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 12. 4183341020 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. 4183341020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. 4183341020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14. 4183341020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
![[thumbnail of 15. 4183341020 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. 4183341020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Doloksanggul. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Doloksanggul. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 orang, yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Data rata-rata hasil belajar pretest-posttest yaitu 30 dan 77,5 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 33,33 dan 82,5. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 24 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05 . Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul. Nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,734 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,683 dengan kategori sedang. Hasil analisis data aspek afektif dan psikomotorik pada kelas eksperimen diperoleh nilai persentase 85% dan 90% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiri Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Dolok Sanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 007 |
Keywords: | Sistem saraf; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54473 |