Berutu, Diana Roince (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INDUSTRI DI KELAS XII IPS SMA NEGERI I PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3111531001 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 3111531001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
3. NIM. 3111531001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 3111531001 PREFACE .pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 3111531001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
6. NIM. 3111531001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3111531001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3111531001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3111531001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM. 3111531001 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15. NIM. 3111531001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle pada materi industri di kelas XII IPS-2 SMA N I Percut Sei Tuan T.A 2015/2016, (2) peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle pada materi Industri di kelas XII IPS SMA Negeri Percut Sei Tuan T.A 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi industri melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle di kelas XII IPS-2 SMA Negeri I Percut Sei Tuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan komunikasi tidak langsung.Kemudian data dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa(1) Aktivitas belajar pada materi industri meningkat yakni dari siklus I sebesar 62,6%,menjadi 81,3% di siklus ke II( meningkat sebesar 18,7%) . (2) Hasil belajar siswa yang diperoleh adalah hasil belajar mengalami peningkatan dengan tingkat presentase sebesar 65,38% pada siklus I menjadi 80,76% di siklus II (meningkat sebesar 15,38%).Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu penerapan model pembelajaran Learning Cycel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi industri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Industri; IPS |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2016 02:29 |
Last Modified: | 25 May 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5443 |