Nasution, Ayulia Annisa (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING BERBANTUAN MEDIA ISPRING SUITE 10 DAN POWERPOINT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193131038 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 4193131038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM 4193131038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM 4193131038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4193131038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 4193131038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 4193131038 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 4193131038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4193131038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM 4193131038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4193131038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media iSpring Suite 10 dan PowerPoint pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media
iSpring Suite 10 dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) Pemberian pretest, 2) Proses pembelajaran dan 3) Pemberian posttest. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah memenuhi syarat. Hasil analisis data penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I nilai pretest (44,16) dan nilai posttest (82,08) dengan peningkatan ratarata hasil belajar sebesar 69,47%, serta rata-rata hasil belajar siswa di kelas
eksperimen II nilai pretest (43,88) dan nilai posttest (76,81) dengan peningkatan ratarata hasil belajar sebesar 61,28%. Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa (posttest)
dari kedua kelas eksperimen diperoleh sebesar 5,278. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dua pihak dan diperoleh sig. (0,04) < ∝ (0,05) sehingga hasil menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media iSpring Suite 10 dan PowerPoint pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Media iSpring Suite 10, Media PowerPoint, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 08:03 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54397 |