Sari, Aisyah Fitria (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA KAHOOT DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181131023 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4181131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4181131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4181131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
5. NIM. 4181131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
6. NIM. 4181131023 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 4181131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 4181131023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 4181131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM. 4181131023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 4181131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Kahoot dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hikmah semester ganjil TA 2021/2022. Sampel kelas merupakan sampel jenuh dan sampel siswa diambil secara purposif 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen. Desain penelitian yang digunakan merupakan rancangan Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan berganda terkait materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dengan uji t pihak kanan satu kelompok sampel, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,68 > 1,711, artinya rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian selanjutnya yang didapatkan dengan mengunakan uji t pihak kanan dua kelompok sampel, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,11 > 1,67, artinya rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Powerpoint. Pada penelitian ini juga diperoleh bahwa pada siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot didapatkan presentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Kahoot, Laju Reaksi. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:28 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54391 |