PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA KAHOOT DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA

Sari, Aisyah Fitria (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA KAHOOT DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4181131023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181131023 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4181131023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4181131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181131023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181131023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181131023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181131023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181131023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4181131023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4181131023 TABLES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4181131023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4181131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4181131023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4181131023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181131023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181131023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181131023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181131023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181131023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Kahoot dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hikmah semester ganjil TA 2021/2022. Sampel kelas merupakan sampel jenuh dan sampel siswa diambil secara purposif 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen. Desain penelitian yang digunakan merupakan rancangan Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan berganda terkait materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dengan uji t pihak kanan satu kelompok sampel, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 3,68 > 1,711, artinya rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian selanjutnya yang didapatkan dengan mengunakan uji t pihak kanan dua kelompok sampel, diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,11 > 1,67, artinya rataan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Powerpoint. Pada penelitian ini juga diperoleh bahwa pada siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media pembelajaran Kahoot didapatkan presentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Kahoot, Laju Reaksi.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:28
Last Modified: 16 Feb 2024 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54391

Actions (login required)

View Item
View Item