ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA

Siagian, Tiar Mida (2023) ANALISIS KEMAMPUAN AWAL SISWA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 4193331009  COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4193331009 COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4193331009  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4193331009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4193331009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4193331009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4193331009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4193331009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4193331009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4193331009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4193331009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 4193331009 TABLES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4193331009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4193331009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4193331009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4193331009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4193331009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4193331009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4193331009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4193331009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4193331009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4193331009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan instrumen tes skolastik berupa penalaran verbalistik dan penalaran numerik yang valid untuk mengevaluasi kemampuan awal peserta didik yang dapat mendukung peningkatan Kemampuan Generik Sains (KGS) untuk mencapai tujuan pembelajaran asam basa melalui Penelitian Pengembangan (Research and Development, R&D) model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Persentase rata-rata; aspek materi, aspek konstruksi, dan aspek bahasa hasil validasi tes skolastik oleh 6 orang validator ahli, berturut-turut adalah; 79,5%, 87,25%, dan 91,6% dan hasil validasi oleh peserta didik, Hasil validasi konstruksi yang dilakukan oleh 36 orang peserta didik, dari 20 butir soal tes skolastik dan 20 butir soal tes evaluasi hasil belajar yang diujikan terdapat 17 butir soal yang valid dengan tingkat validitas masing-masing adalah; 0,33 - 0,57 dan 0,33 - 0,49. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan awal dan tes evaluasi tes hasil belajar dapat mengembangkan KGS peserta didik, sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan dapat digunakan pada pembelajaran pokok bahasan asam-basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tes skolastik, kemampuan awal; kemampuan generik sains; asam basa.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:10
Last Modified: 16 Feb 2024 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54386

Actions (login required)

View Item
View Item