Hutapea, Steven Firnandi (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Interaktif Ispring Presenter Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Pada Materi Asam Basa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4192431013 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 4192431013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 4192431013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 4192431013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 4192431013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 4192431013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 4192431013 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 4192431013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 4192431013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 4192431013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 4192431013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Pendidikan yang memiliki berbagai persoalan yaitu lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran sekolah terlalu memaksa siswa dengan berbagai bahan ajar yang harus dihafal, siswa dipaksa untuk mengingat dan mengumpulkan berbagai informasi tanpa dituntut memahami informasi yang diingat untuk menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Akibat masalah tersebut maka hasil belajar beberapa siswa dalam materi kimia menjadi rendah dan membuat guru merasa tidak puas dengan metode mengajar yang diberikan saat proses belajar mengajar. Ini disebabkan karena materi kimia yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga sulit untuk dipahami. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran akan membuat siswa merasa bosan dan materi yang disampaikan akan sulit dipahami dan menyebabkann hasil belajar dan motivasi siswa menjadi rendah. Ispring Presenter merupakan salah media yang mengubah file presentasi menjadi bentuk flash dan lebih interaktif yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar dikelas sehingga hasil belajar dan motivasi siswa lebih meningkat dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati hasil belajar, peningkatan hasil belajar, motivasi serta korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan di SMA Negeri 7 Medan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing siswanya berjumlah 32 orang. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal dan instrument non tes yang digunakan sebanyak 40 butir. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada kelas eksperimen, hasil rata-rata pre-test sebesar 46,7, dan rata-rata pos-test sebesar 79,2, pada kelas kontrol rata-rata pre-test sebesar 45,4 dan rata-rata pos-test sebesar 64,8, dengan gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,609 pada kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,3 pada kategori rendah,sedangkan motivasi belajar siswa sebesar 75,281 dengan kategori tinggi serta diperoleh bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dimana rhitung sebesar 0,442 dan rtabel sebesar 0,361.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Asam Basa, Ispring Presenter, Hasil belajar, Motivasi Belajar. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:53 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54382 |