Syahputri, Tia (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4182151006 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM 4182151006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM 4182151006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 4182151006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 4182151006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
6. NIM 4182151006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM 4182151006 TABLE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM 4182151006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
9. NIM 4182151006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM 4182151006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM 4182151006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya, indikator yang mengalami miskonsepsi dan faktor penyebab miskonsepsi di SMP Negeri 1 Secanggang. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Secanggang yang terdiri dari 8 kelas, dengan jumlah keseluruhan 240 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara random sampling dengan jumlah 60 siswa yang berasal dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan isntrumen berupa tes pilihan ganda beralasan dengan tingkat keyakinan CRI (Certainty of Response Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori sedang (32,27%). Berdasarkan indikator indikator materi Tekanan Zat dan Penerapannya, miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada indikator menganalisis prinsip tekanan pada proses kapilaritas dalam pengangkutan zat pada tumbuhan (45,00%) dan miskonsepsi terendah terdapat pada indikator menjelaskan konsep tekanan (22,22%). Faktor penyebab miskonsepsi berasal dari faktor internal siswa, yaitu kemampuan siswa dan reasoning yang tidak lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi, Tekanan Zat dan Penerapannya, CRI (Certainty of Response Index). |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 08:08 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54358 |