Putri, Nanda Rika (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF PROFESIONAL PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI MTS SWASTA MIFTAHUSSALAM MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193351005 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2. NIM 4193351005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
3. NIM 4193351005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 4193351005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 4193351005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 4193351005 ILLUSTRATIO.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 4193351005 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 4193351005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 4193351005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM 4193351005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 4193351005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul IPA berbantuan Flip PDF Profesional pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah maupun diluar sekolah, mengetahui respon atau tanggapan guru serta keefektifan produk e-modul yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul yang telah dikembangkan. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli yaitu ahli materi dan media, 2 orang guru dan 60 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, guru dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi oleh ahli materi sebesar 93,01% dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli media sebesar 91,04% dengan kategori sangat layak, penilain atau respon guru IPA didapat sebesar 98,93% dengan
kategori sangat layak. Pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kategori efektif. Dan dapat disimpulkan E-Modul berbantuan flip pdf professional pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dinyatakan valid atau layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, E-Modul, Flip PDF Profesional, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:33 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54353 |