Tarigan, Ita Sri Menda (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 TIGALINGGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193351028 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM 4193351028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM 4193351028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 4193351028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5. NIM 4193351028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM 4193351028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7. NIM 4193351028 TABLES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
8. NIM 4193351028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
9. NIM 4193351028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM 4193351028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4193351028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yangberjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,6 dan kelas kontrol 77,3 dengan standart deviasi 8,74. Aktivitas siswa kelas eksperimen
selama pembelajaran termasuk kategori baik. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 3,84 dan ttabel = 1,98. Presentase peningkatan N-gain hasil
belajar pada kelas eksperimen adalah 0,77 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,59 dengan kategori sedang. Selisih peningkatan hasil belajar kedua kelas tersebut sebesar 0,18 atau 18%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning , Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:11 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54349 |