Cahyani, Indah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP PAB 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4173351009 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 4173351009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM 4173351009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM 4173351009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 4173351009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 4173351009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM 4173351009 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 4173351009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM 4173351009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM 4173351009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM 4173351009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sitem pernapasan dikelas VIII SMP PAB 8 Medan. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 8 Medan yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model problem based learning dan kelas VIII-B berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol yang
menerapkan pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban untuk mengukur hasil belajar siswa dari segi kognitif. Instrumen yang digunakan telah divalidasi dan memenuhi syarat validasi isi yaitu mulai dari 0,520 sampai 0,361 dan memenuhi syarat
reliabilitas sebesar 0,982. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas kontrol 37,12 dan pretes kelas eksperimen 34,24 sedangkan posttest kelas kontrol sebesar
60,16 dan posttest kelas kontrol sebesar 84,8 diperoleh t hitung keduanya lebih besar dari t tabel yang menyatakan data bersifat homogen. Pada uji normalitas diperoleh nilai
kolmogorov-smirnov pretest kelas kontrol Dhitung sebesar 0,128 dan pretes kelas eksperimen 0,250 sedangkan posttest kontrol sebesar 0,108 dan posttes eksperimen sebesar 0,142 yang menyatakan data berdistribusi normal. berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan menggunakan taraf signifikansi α =0,05% diperoleh nilai thitung > ttabel (13,542>1,7109) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Peningkatan N-Gain yang terjadi pada kelas eksperimen setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL adalah sebesar 76,9 % dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning pada materi sistem pernapasan memiliki pengaruh yang berkesinambungan terhadap hasil belajar seta penerapannya juga cukup efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:58 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54347 |