Rantika, Sintia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BAHOROK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181121025 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 4181121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
3. NIM 4181121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 4181121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM 4181121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM 4181121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 4181121025 TABLE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM 4181121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4181121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM 4181121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 4181121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bahorok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bahorok dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 berjumlah 36
siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan soal pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 50,09 dan 43,06 sedangkan rata-rata nilai postest yang diperoleh di kelas eksperimen dan kontrol sebesar 73,5 dan 59,24.
Berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang telah dilakukan, didapatkan bahwa nilai ttabel = 1,9954. Selanjutnya dengan membandingkan nilai ttabel dengan thitung diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 5,4265 > 1,9954. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa “Terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Grup Investigasi berbantuan simulasi PhET pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Kooperatif Tipe Grup Investigasi, Simulasi PhET, Hasil Belajar. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 08:28 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54327 |