Sinaga, Leonardo (2022) E-MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK SMA/MA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183121041 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4183121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
3. NIM 4183121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 4183121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM 4183121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM 4183121041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM 4183121041 TABLE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 4183121041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 4183121041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM 4183121041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4183121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, berupa modul elektronik yang valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran di SMA N 14 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (reaserch and development). Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari-Mei 2022, namun untuk uji di lapangan dilakukan mulai dari Agustus-September 2021, di Universitas Negeri Medan dan di SMA N 14 Medan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D dari
Thiagarajan dkk (1974), yang dibatasi sampai tiga tahapan. Tahapan Penelitian ini adalah menemukan dan menetapkan masalah (define), merancang modul elektronik (design), mengembangkan dan menguji kevalidtan serta uji kelayakan
modul elektronik (develop). Modul elektronik ini dikembangkan dengan aplikasi flip pdf professional, dan materi pada modul elektronik adalah Gerak Lurus. Hasil
penelitian menunjukan bahwa uji validitas oleh ahli materi berada pada rata-rata keseluruhan adalah 3,5 dengan kategori kualitatif sangat layak. Untuk keseluruhan penilaian aspek ahli media berada pada rata-rata 3,5 dengan kategori kelayakan sangat valid. setelah itu uji kelayakan diberikan pada guru, dengan rata-rata keseluruhan penilaian aspek 3,6 dengan kategori kualitatif sangat layak. Uji kelayakan skala kecil diberikan kepada 10 orang siswa kelas X Ip , dengan ratarata penilaian keseluruhan aspek 3,2 dengan kategori kualitatif sangat layak. Untuk uji kellayakan terakhir diberikan kepada 30 orang siswa kelas X Ip , dengan rata-rata penilaian keseluruhan aspek 3,2 dengan kategori kualitatif sangat layak. Maka dapat disimpulkan modul elektronik yang dikembangkan, valid dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gerak Lurus, E-modul, Kontekstual. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 08:00 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54324 |