Pratiwi, Dinda (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MOODLE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI MAN 1 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193121041 COVER.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2. NIM 4193121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
3. NIM 4193121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 4193121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
5. NIM 4193121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM 4193121041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM 4193121041 TABLE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
8. NIM 4193121041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM 4193121041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM 4193121041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM 4193121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton, mengetahui peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa serta hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas X IPA MAN 1 Medan T.A 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas,
yaitu kelas eksperimen diterapkan pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle yang terdiri atas 36 siswa dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang terdiri atas 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah nontes dan tes. Nontes berupa angket kemandirian belajar siswa yang terdiri dari 20 pernyataan dengan 4 pilihan jawaban. Tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 22 butir dengan 5 pilihan jawaban. Rata-rata kemandirian belajar siswa di awal dan akhir pada kelas eksperimen 70,3 dan 80,0, sedangkan kelas kontrol 66,0 dan 71,0. Rata-rata pretest-posttest siswa kelas eksperimen 39,6 dan 83,1 sedangkan
kelas kontrol yaitu 37,9 dan 76,7. Analisis data menggunakan uji manova (multivariate analysis of variance), uji N-gain dan uji korelasi. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa pembelajaran flipped classroom berbantuan moodle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton. Persentase peningkatan N-gain kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 33% dengan kategori sedang dan 15% pada
kelas kontrol dengan kategori rendah. Peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 73% dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 63% dengan kategori sedang. Hubungan atau korelasi kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar siswa sebesar 0,562 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | flipped classroom, moodle, kemandirian belajar, dan hasil belajar. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 07:08 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54321 |