Nasiah, Dibi (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4181121024 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4181121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
3. NIM 4181121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 4181121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 4181121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 4181121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 4181121024 TABLE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 4181121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM 4181121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4181121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14. NIM 4181121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Saat ini dunia pendidikan di Indonesia telah memasuki Era disrupsi yang memaksa dunia pendidikan untuk melakukan perubahan. Pendidikan dituntut melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia presentasi berbasis problem based learning berbantuan canva pada materi fluida statis yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu, instrumen kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media, instrumen kelayakan materi ditinjau dari ahli materi dan instrumen respon siswa terhadap keefktifan media
pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu 30 siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 16 Medan. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji coba yaitu 30 siswa memperoleh nilai
rata-rata 91,4 dikategorikan sangat layak. Hasil perolehan nilai 30 siswa kelas XI MIA-3 memperoleh rata-rata pretest 25,5 dan postest 85 jika dihitung dengan gain ternormalisasi
menunjukkan nilai gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Adanya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa multimedia presentasi berbasis model problem based learning berbantuan canva pada materi fluida statis efektif digunakan di SMA Negeri 16 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Presentasi, PBL, Fluida Statis. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:52 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54320 |