PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON

Mandalahi, Fransiskus (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 4182121011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4182121011 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4182121011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4182121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4182121011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4182121011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4182121011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4182121011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4182121011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4182121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4182121011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 4182121011 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4182121011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4182121011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4182121011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4182121011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4182121011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4182121011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4182121011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4182121011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4182121011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4182121011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh discovery learning dengan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada materi pokok hukum Newton di SMA Sw. Dharma Pancasila Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X IPA SMA Sw. Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian diambil
dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen menggunakan discovery learning dengan media video pembelajaran berbasis powtoon dan kelas kontrol menggunakan media konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 46,16 dan untuk kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 44,66. Setelah diberikan perlakuan, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 87,33 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 77. Hasil
uji t posttest pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,43 ttabel = 2,0021, maka thitung>ttabel sehingga hipotesis (Ha) diterima, sehingga ada pengaruh yang
signifikan dari penggunaan discovery learning dengan media pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada materi pokok hukum Newton di SMA Sw. Dharma Pancasila Medan T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: discovery learning, powtoon, hasil belajar, pengaruh.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:26
Last Modified: 07 Feb 2024 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54317

Actions (login required)

View Item
View Item