Pandiangan, Vebiola Yuriteresya (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MONERA DI KELAS X MIA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183141045 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. NIM 4183141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM 4183141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. NIM 4183141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. NIM 4183141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. NIM 4183141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. NIM 4183141045 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. NIM 4183141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. NIM 4183141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 4183141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. NIM 4183141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Blended learning merupakan penggabungan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran online, pembelajaran blended learning menuntut siswa belajar mandiri untuk mencapai kompetensi belajar secara optimal serta mampu
bertanggung jawab dalam mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan menuntaskan tugas belajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi monera. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel
penelitian satu kelas pada kelas X MIA 3 di SMA Negeri 4 Medan. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket, lembar observasi, dokumentasi dan tes soal pilihan berganda. Hasil angket pada penelitian ini menunjukkan kemandirian belajar siswa dengan indikator kemandirian belajar berperilaku berdasarkan insiatif, memiliki diperoleh rasa tanggung jawab, berprilaku, memiliki kepercayaan diri,
keaktifan belajar dan indikator mampu mengontrol diri diperoleh skor sebesar 76,29 dengan kriteria Baik dan hasil analisis observasi kemandirian belajar siswa pada pembelajaran blended learning skor sebesar 76,47% dengan kriteria Baik. Hasil belajar siswa pada materi monera di kelas X MIA melalui pembelajaran blended learning yang ditinjau dari enam ranah kognitif meliputi pengetahuan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi dengan hasil skor sebanyak 83,54 tergolong dalam kategori Baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning efektif terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Monera, Pembelajaran Blended Learning. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:29 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54310 |