PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI CHONDRICHTHYES

Pasaribu, Ribka Novita Christine (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATERI CHONDRICHTHYES. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4183141054 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183141054 COVER.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183141054 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183141054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183141054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183141054 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183141054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183141054 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183141054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183141054 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183141054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183141054 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183141054 TABLES.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183141054 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183141054 APENDICES.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183141054 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183141054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183141054 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183141054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183141054 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Materi Chondrichthyes, mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media dan mahasiswa, serta mengukur efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada materi Chondrichthyes yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menerapkan model penelitian yang
diadaptasi dari model pengembangan yang terdiri atas Define, Design, Development dan Disseminate (4-D). subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media dan 78 orang mahasiswa Jurusan Biologi. Data penelitian diperoleh dari angket kelayakan media pembelajaran dari ahli materi, ahli media, respon mahasiswa dan tes kognitif hasil belajar mahasiswa. Analisis data hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon mahasiswa dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tes kognitif hasil belajar mahasiswa dilakukan
dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar (N-gain). Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada materi Chondrichthyes diperoleh penilaian kriteria sangat layak dengan nilai 84,66% dari
ahli materi, 85,07% dari ahli media, 90,01% dari respon mahasiswa kelompok kecil, dan 90% dari respon mahasiswa kelompok besar. Hasil belajar mahasiswa menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada materi
Chondrichthyes mendapatkan nilai rata-rata 80% dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,53% dengan kriteria sangat baik. Hasil N-gain mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata materi Chondrichthyes di Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran, Lectora Inspire, Chondrichthyes, Efektivitas Media Pembelajaran, Hasil Belajar Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:56
Last Modified: 07 Feb 2024 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54304

Actions (login required)

View Item
View Item