Harahap, Farisah Ainina (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI IPA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193141027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4193141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3. NIM 4193141027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4193141027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM 4193141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6. NIM 4193141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 4193141027 TABLE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM 4193141027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4193141027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM 4193141027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4193141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Sistem pendidikan kontemporer di Indonesia menuntut peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan di bidang teknologi, media, dan informasi, serta bakat belajar dan inovatif. Mengingat persyaratan ini, profesionalisme pendidik sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran abad ke-21. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu bahan ajar LKPD berbasis STEM. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model 4-D, yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (define), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dessiminate).Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase 78,1% dengan kategori layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase 80,8% dengan kategori layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase 93,7% dengan kategori sangat layak, penilaian guru bidang studi diperoleh persentase 98,2% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil tanggapan/respon peserta didik diperoleh persentase 98,7% dengan kategori baik. Hasil dari penggunaan LKPD berbasis STEM diperoleh skor rata-rata 93,12% dengan persentase ketuntasan sebesar 93,75% dengan jumlah peserta didik yang tuntas memiliki penilaian sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, Berbasis STEM, Pengembangan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 01:42 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54302 |