Sipayung, Catherine Ananta (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII MIA DI SMAN 13 MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4183141040 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 4183141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 4183141040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 4183141040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 4183141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 4183141040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 4183141040 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 4183141040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 4183141040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 4183141040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 4183141040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 13 Medan setelah diterapkan proses pembelajaran blended learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA di SMAN 13 Medan yang berjumlah 192 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yakni siswa kelas XII MIA I dan XII MIA VI. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan berganda dengan materi pertumbuhan dan perkembangan yang divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan kelas kontrol dengan metode konvensional dan kelas eksperimen dengan metode pembelajaran blended learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas XII SMA Negeri 13 Medan. Nilai rata-rata hasil posttest siswa SMA Negeri 13 Medan yang diajarkan dengan model blended learning lebih tinggi yaitu 84,76 jika dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kognitif siswa yang dengan model
konvensional yaitu 69,33.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Blended learning, pertumbuhan dan perkembangan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 08:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54296 |