PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII MIA DI SMAN 13 MEDAN T.P. 2022/2023

Sipayung, Catherine Ananta (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII MIA DI SMAN 13 MEDAN T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 4183141040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4183141040 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4183141040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4183141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4183141040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4183141040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4183141040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4183141040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4183141040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4183141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4183141040 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 4183141040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4183141040 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 4183141040 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4183141040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4183141040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4183141040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4183141040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4183141040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4183141040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4183141040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4183141040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 13 Medan setelah diterapkan proses pembelajaran blended learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA di SMAN 13 Medan yang berjumlah 192 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yakni siswa kelas XII MIA I dan XII MIA VI. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan berganda dengan materi pertumbuhan dan perkembangan yang divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan kelas kontrol dengan metode konvensional dan kelas eksperimen dengan metode pembelajaran blended learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas XII SMA Negeri 13 Medan. Nilai rata-rata hasil posttest siswa SMA Negeri 13 Medan yang diajarkan dengan model blended learning lebih tinggi yaitu 84,76 jika dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kognitif siswa yang dengan model
konvensional yaitu 69,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended learning, pertumbuhan dan perkembangan.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:20
Last Modified: 06 Feb 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54296

Actions (login required)

View Item
View Item