Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa Di SMA Negeri 14 Medan

Tampubolon, Dominggos Soares (2022) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa Di SMA Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3183311013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3183311013 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3183311013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3183311013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3183311013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3183311013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3183311013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3183311013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3183311013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3183311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3183311013 CHART.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3183311013 CHART.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3183311013 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3183311013 TABLES.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3183311013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3183311013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3183311013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3183311013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3183311013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3183311013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3183311013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3183311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap pembentukan karakter sosial siswa di SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Medan yang berlokasi di Jalan Pelajar Timur Ujung, Gang Darmo, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x (kompetensi kepribadian guru) dan y (karakter sosial siswa). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 351 siswa dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah siswa kelas XI (351) yaitu sebanyak 35 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik dengan perhitungan product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter sosial siswa di SMA Negeri 14 Medan yaitu sebesar 14,44%. Hal ini dibuktikan dengan r hitung lebih besar dari r tabel atau 0,38>0,334 sehingga koefisien variabel X dan variabel Y signifikan, dimana r tabel pada n=35 pada taraf 5% adalah 0,334. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 2,354 dan t tabel 2,042 pada taraf signifikan 5% derajat kebebasan (dk) = n-2 (35-2=33), sehingga t hitung >t tabel (2,354>2,030). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha ) dapat diterima, yang menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pengaruh kompetensi kepribadian guru PPKn terhadap pembentukan karakter sosial siswa di SMA Negeri 14 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kompetensi kepribadian; karakter sosial; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 06 May 2024 03:40
Last Modified: 06 May 2024 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54279

Actions (login required)

View Item
View Item