Gultom, Anita Siti M. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Spin Game Berbasis PPT (Power Point) Pada Pembelajaran Sejarah “Zaman Hindu dan Buddha di Indonesia” Kelas X SMA Negeri 1 Pangaribuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3193321009 COVER.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
2. NIM. 3193321009. GREEN TABLE CONSENT SHEET.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM. 3193321009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
4. NIM. 3193321009 STATEMENT OF AUTHENTICITI.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
5. NIM. 3193321009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 3193321009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM. 3193321009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
8. NIM. 3193321009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 3193321009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 3193321009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
14. NIM. 3193321009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
15. NIM. 3193321009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media permainan spin game berbasis power point dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pangaribuan. Selain hal tersebut untuk mengetahui kelayakan penggunaan media permainan spin game pada mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) model ADDIE : Analysis, Design, Implementation, Development, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pangaribuan dengan subjek penelitian adalah 5 orang siswa dari kelas X IPS 1 untuk ujicoba kelompok kecil, 10 orang siswa dari kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 4 untuk ujicoba kelompok sedang, dan 35 orang siswa dari kelas X IPS 2 untuk ujicoba kelompok besar di SMA Negeri 1 Pangaribuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data merupakan teknik deskriptif kualitatif yang berupa angket dan menggunakan perhitungan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan spin game Layak digunakan sebagai media pembelajaran, Hasil validasi ahli media dan ahli materi mendapatkkan skor 78% dan 71% sedangkan hasil ujicoba yang dilakukan kepada respon siswa yaitu ujicoba kelompok kecil, sedang, dan besar menunjukkan persesentase 92%, 86,8% dan 92% dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan spin game dinyatakan “Sangat Layak” digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar bagi siswa yangmenggunakan media pembelajaran pada Mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1
Pangaribuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Spin game; Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 05 May 2024 19:54 |
Last Modified: | 05 May 2024 19:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54265 |