Simamora, Mawini (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Canva Pada Materi Pendudukan Jepang di Sumatera Timut Siswa Kelas XI IPS Di SMA N1 Doloksanggu. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3192421014 COVER.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
2. NIM 3192421014 LEMBAR PERSETUJUAN MEJA HIJAU.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM 3192421014 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM 3192421014 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 3192421014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 3192421014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
7. NIM 3192421014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
8. NIM 3192421014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM 3192421014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
10. NIM 3192421014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
11. NIM 3192421014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
15. NIM 3192421014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
16. NIM 3192421014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media
pembelajaran berupa video animasi berbantuan Canva yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA N 1 Doloksanggul. Bukan hanya itu aja, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media video animasi yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket. Dalam penelitian ini juga dilakukan validasi terhadap ahli materi dan ahli media sebelum di uji coba kan terhadap siswa. Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang ada di SMA N1 Doloksanggul dengan sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang.Hasil dari penelitian ini diiperoleh setelah dilakukan uji coba terhadap siswa. Adapun uji coba yang dilakukan adalah uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Melalui uji coba ini diperoleh hasil bahwa media video animasi yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran
sejarah kelas XI di SMA N1 Doloksanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | RnD; media pembelajaran; canva |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 05 May 2024 19:45 |
Last Modified: | 05 May 2024 19:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54259 |