Sitorus Pane, Lusianna Anjeli (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS EXPLAIN- OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182131019 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 4182131019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3. NIM 4182131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4182131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 4182131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
9. NIM 4182131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
13. NIM 4182131019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM 4182131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar dan aktivitas belajar dengan model pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe- Discuss-Explain (PDEODE) dibanding model pembelajaran konvensional. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 1 Doloksanggul dengan sampel adalah 2 kelas. Masing- masing kelas berjumlah 36 orang, yaitu kelas eksperimen di kelas XI IPA 3 dan kelas kontrol di kelas XI IPA 4 diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen test berupa soal yang telah di validasi dan instrumen non test berupa lembar observasi belajar. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Uji hipotesisnya menggunakan uji independent sample t-test pada α = 0,05 dengan nilai ttabel adalah 1,67. Hasil penelitian pada hasil belajar menunjukkan rata-rata nilai dengan model pembelajaran PDEODE yaitu 84,58 sedangkan rata-rata pada model pembelajaran konvensional yaitu 77,50. Perhitungan gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 72% dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol 68% dengan kriteria sedang dan diperoleh Hnilai thitung adalah 4,94 sehingga Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi termokimia. Hasil penelitian untuk aktivitas belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86,91, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,88. Setelah dilakukan uji korelasi diperoleh nilai rhitung adalah 0,821. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 67%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi aktivitas maka hasil belajar semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 KIM 004 |
Keywords: | Termokimia; Model pembelajaran; Hasil belajar; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:15 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54232 |