PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI ASAM-BASA

Azimah, Ilmita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI ASAM-BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181131007 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181131007 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181131007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181131007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181131007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181131007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181131007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181131007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181131007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181131007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181131007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181131007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181131007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi asam-basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh 5 validator ahli media dan 3 validator ahli materi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa kelas XII MIA 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon telah memenuhi standar kelayakan dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan validator ahli media 87,6%, rata-rata skor ahli materi 88,1% dan rata-rata respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis powtoon sebesar 87,7%. Berdasarkan hasil validasi dan respon siswa yang diperoleh pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada materi asam-basa sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 KIM 001
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Asam-basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:53
Last Modified: 05 Feb 2024 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54228

Actions (login required)

View Item
View Item