Meganta P., Enda Ribka (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186171008 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. 8186171008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. 8186171008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. 8186171008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (880kB) | Preview
4. 8186171008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. 8186171008 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. 8186171008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 8186171008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (727kB) | Preview
12. 8186171008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. 8186171008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan model pembelajaran berkualitas yang valid, praktis dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan model pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk kelas XI SMA Negeri 1 Binjai; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pengembangan model pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Pengembangan model pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang disintesis dengan Strategi Heuristik Krulik Rudnick berbantuan media animasi yang telah memenuhi lima unsur penting dalam pengembangan model yaitu 1) Sintaks, 2) Sistem Sosial, 3) Prinsip Reaksi 4) Sistem Pendukung dan 5) Dampak Instruksional dan Pengiring Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Model pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pengembangan model berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,30 (kriteria “rendah”) meningkat menjadi 0,42 (kriteria “sedang”) pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Meg p |
Keywords: | pengembangan model pembelajaran; model addie; pmr; kemampuan komunikasi matematis sisw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:46 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54193 |