ZAHRA, KHALISHATUN (2023) Pengembangan Modul Elektronik Sejarah Materi Materi Paham-Paham Besar Dunia Untuk Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 2 Langkat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3193121004 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 3193121004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM. 3193121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 3193121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 3193121004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
6. NIM. 3193121004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 3193121004 TABLES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. NIM. 3193121004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 3193121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM. 3193121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 3193121004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul elektronik pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS MA, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul elektronik pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS MA dan (3) mengetahui
efektivitas penggunaan produk modul elektronik dalam meningkatkan capaian hasil belajar mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS MA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu
ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi 1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba lapangan sebanyak 34 peserta didik kelas XI IPS 1 MAN 2 Langkat. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik sejarah dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dengan perolehan rata-rata skor ahli materi sebesar 91,66% dan perolehan rata-rata skor ahli media sebesar 88,88%, perolehan rata-rata skor uji coba kelompok kecil
sebesar 82,81%, perolehan rata-rata skor uji coba kelompok sedang sebesar 83,02% dan respon peserta sebagai pengguna sebesar 95,55% sehingga kelayakan modul elektronik sejarah yang dikembangkan masuk kedalam kategori “sangat baik”.
Keefektifan modul elektronik sejarah dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan posttest, diperoleh bahwa nilai post-test lebih tinggi dibanding pre-test masing-masing diperoleh 81 dan 41. Persentase N-Gain yang didapatkan adalah 68% dengan
kategori “cukup efektif”. Melalui hasil penilaian kelayakan dan keefektifan tersebut diperoleh hasil bahwa produk modul elektronik sejarah untuk kelas XI IPS MAN 2 Langkat sangat layak dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran
sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan bahan ajar; modul elektronik; paham besar dunia; sejarah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54192 |